Monday, January 17, 2011

Ducati Hypermotard 1100


Ducati Hypermotard 1100 yang mengusung konsep supermoto ..bukanlah first mover… masih ada yang duluan seperti KTM Supermoto yang mengusung engine V-Twin 950cc. Disamping KTM, masih ada lagi yaitu BMW HP2 Megamoto. Namun demikian… kehadiran Hypermotard banyak ditunggu-tunggu pecinta super moto… Hypermotard ini sangat responsif, dan super lincah dan ditopang dengan performance yang bagus dengan menggunakan engine V-Twin nya. Selain modelnya yang ok, kaca spion nya pun terletak disamping handlebars, dan bisa ditekuk persis aza kaca spion mobil, dan pandanganya pun cukup luas untuk ngeliat kendaraan dibelakang. Hypermotard sendiri terdiri dua tipe yaitu standard dan type S…. !!!

Spek Teknis

Hypermotard menggunakan engine 1078cc, L-Twin, 2 valve per cylinder desmodromic, air cooled. Compression ratio nya 10.5:1, dan power yang dihasilkan dapat mencapai 90HP pada 7750RPM. Torsi maksimum nya 10.5 kgm pada 4750 RPM. Sistem injection menggunakan Marelli electronic Fuel Injection, dan menggunakan dual spark ignition (kayak Pulsar aza…) Dan tentu saja sudah comply Euro 3.

Transmisinya 6 percepatan, dengan menggunakan sistem kopling bertipe kering multiplate. Berpenggerak rantai, dan mempunyai gear ratio 2.8. Chasisnya menggunakan tubular steel trellis frame. Suspensi depan menggunakan Marzocchi 50mm fully adjustable upside-down fork. suspensi belakang menggunakan monoshocj sachs. Rem depan menggunakan dual disc 305mm dengan 4 piston calipers. Sedangkan rem belakang menggunakan single disc 245mm, 2 piston calipers. Ban depan menggunakan ukuran 120/70-ZR17, sedangkan ban belakang menggunakan ukuran 180/55-ZR17. Kapasitas tangki neh motor 12.4 liters, dengan berat 179 kg.

Hypermotard Type S

Type S ini beratnya lebih enteng 2 kg dibandingkan type standard. Perngurangan berat ini karena pakai velg Marchesini. Ban nya pun menggunakan Pirelli Diablo Corsa III. Dan juga jadi standard penggunaan shock belakang Ohlins, fork 50mm Marzocchi dan Brembo monobloc radial calipers copotan Ducati 1098. Belum lagi tambahan carbon fiber untuk fork protector, termignoli race exhaust system. Power nya pun bisa kedongkrak 95 HP.