Monday, January 17, 2011

Honda Freed PSD 2010


“Kalau modifikasi racing look, street racing, ceper, elegan atau yang ekstrem kayanya udah terlalu biasa untuk dilihat, lagian banyak juga yang udah menerapkan modifikasi seperti itu. Jadi saya pilih konsep ini aja, selain beda dari yang lain sekaligus untuk mengkampanyekan gerakan go green,” Ujar Tomi selaku dedengkot workshop Tomi Airbrush.



Benar apa yang dikatakan Tomi, terbukti saat gelaran Jazz Freed Tuning Contest (JFTC) yang diadakan oleh Honda beberapa waktu lalu mobil ini sangat mendapat perhatian utama, baik dari mata juri, peserta, bahkan bagi para pengunjung yang datang ke Mall Kelapa Gading 3 tempat dimana kontes JFTC berlangsung. Bahkan Tomi dengan Freed Go Greennya sukses menyabet 2 gelar sekaligus, King of Freed Tuning Contest dan Best of Tuning Theme.

Apa yang dilakukan Tomi dengan Freednya memang patut diacungi jempol, karena selain memberikan nuansa modifikasi yang berbeda dari apa yang biasa, ia juga mengadopsi limbah-limbah plastik untuk di recycle alias di daur ulang yang lalu diterapkan pada Freednya. “limbah plastik layaknya bumper-bumper mobil yang sudah rusak dan terbuang, berhasil diolah lagi untuk dijadikan bumper dan bodi kit Freed ini,” tangkas Tomi.

Tampang standar Freed hanya dipermak dengan desain bernuansa ramah lingkungan seperti yang sekarang banyak di kampanyekan para ATPM di dunia. Lalu diteruskan dengan mengupgrade pelek berdiameter 18” yang telah di cat ulang dan dicroom yang terpasang rapi dengan balutan ban Accelera 215x40x18 serta dikolaborasikan dengan pemasangan bodikit hasil daur ulang tadi yang dengan seketika merubah tampilannya jadi lebih atraktif. Belum lagi dengan beberapa apparel lainnya seperti, fog lamp custom LED white croom, head lamp custom spider type, griil depan full custom hand made dengan tambahan logo Honda Civic dan juga bagian bumper belakangnya yang di custom dan terpasang lampu LED kian membuat Freed ini terlihat seperti kendaraan sport hybrid bukan ….

Lamanya pengerjaan berlangsung hampir 4 bulan penuh, “satu bulan untuk desainnya dan 3 bulan lainnya untuk pengerjaan modifikasinya sendiri,” ucap Tomi yang juga mengakui waktu terlama pengerjaan ada di bagian bodikit dan bumpernya karena ia harus mendesain bahan plastik yang didaur ulangnya hingga terlihat sempurna.


Masuk kedalam sektor kabinya, Anda akan terkesima dengan makin kentalnya nuansa eco green yang dipertegas dengan desain interiornya. Paduan warna putih dan hijau sangat mendominasi ruang MPV 7 seater tersebut. Mulai dari door trim, jok sampai dengan lapisan kulit di kap atas yang lengkap dengan logo go green juga terpampang dengan jelas ketika Anda membuka sliding door otomatiknya. Untuk bagian door trimnya, Tomi juga mengairbrush warna white diamond dan green untuk menyamakan dengan suasan lapisan kulit joknya. Tak lupa bumbu-bumbu cutting stiker yang juga melekat di bagian dashboard yang masih mengandung pesan moral akan lingkungan.

Nuansa eco modern juga terpampang jelas pada bagian bagasi belakang MPV ini dengan adanya perangkat audio berkualitas SQ dan juga tatanan rak acrylic yang juga merupakan hasil dari proses daur ulang. Kelengakapan audio yang terisi dengan parts dari Venom mulai dari speake depan, belakang, subwoofer, power sampai dengan kabel full venom terpasang dengan rapih, dan uniknya semuanya bernuansa hijau alias turut dikeli senada dengan warna hijau.
Woow, it’s realy green car ..



Data&Fakta :

EXTERIOR : Bodykit depan dan belakang custom plastic (dibuat dengna bahan bekas), fog lam depan custom, LED white croom, head lamp custom spider type, HID type Auto Vision, grill full custom handmade + Logo Honda Civic,acrillic full custom, lampu belakang custom LED red white CRILIC FULL, Lampu bumper belakang LED custom white, pelek 18” painting white n croom, ban Accelera 215 X 40 X 18, Shock Hot Bits-low Ring Kit Coil Spring, Colour Body White diamond, Air Brush Theme Go Green. Interior : Jok depan/belakang Vinil MB Tech white n green, head rest logo go green, dashboard airbrush white, door trim full airbrush white diamond and airbrush green, bagasi belakang custom rack and croom+acrylic, plafon white vinil MB Tech. Audio : Speker depan/belakang Venom Type VX 6 D/Venom Type VX 603 D, subwoofer Venom VX 12 D, Power Venom V406 2 pcs, Kabel Full Venom.